Tuesday, October 9, 2012

Cara Setting Web Server Di Linux Open SUSE 11.1


Kali ini saya posting tentang Cara Setting Web Server Di Linux Open SUSE 11.1 Teks Mode. Karena saya ingin menjadi siawa tekladan, jadinya saya posting artikel ini. Sekolah saya menyuruh saya untuk memposting ini. jadi saya turuti saja demi mendapatkan nilai Produktif saya. dan juga untuk menambah artikel blog saya supaya banyak yang mengunjunginya.

saya suka dengan linux karena freeware atau OSnya gak usah bayar alias gratis. beda dengan windows. kalau windows kan harus pake bayar. jadi ya gimana lagi... bukan berarti saya tidak suka dengan windows, pada laptop saya, saya menggunakan dual booting untuk keperluan saya setiap harinya. ok dah langsung saja ke point.nya...

untuk setting Web server sangatlah mudah... agar bisa mengerti, lihat saja postingan sebelumnya. nah, untuk setting Web Server ini, harus benar benar faham betul pada postingan sebelumnya. jika pada postingan sebelumnya tidak faham, maka pada postingan kali ini sulit untuk membuatnya, karena pada postingan kali ini berhubungan dengan postingan sebelumnya...

untuk setting Web Server lihat cara berikut:

1. install paketnya. namanya apache. lakukan dengan perintah

"yast -i apache2"

lihat gambar...





2. lanjutkan dengan perintah berikut....
"cd /etc/apache2/vhosts.d"

kemudian copy file yang bernama vhost.template dengan perintah

"cp vhost.template bayu.conf"

bayu.conf
bisa diganti dengan nama yang lain, tetapi harus berakhiran .conf

untuk lebih jealsnya lihat gambar berikut ini




3. masuk ke bayu.conf dengan perintah

"vi bayu.conf"4. jangan otak atik dulu tulisannya. ganti ke terminal 2 dengan menekan Alt+F2kemudian membuat user dengan perintah

"useradd -m blogspot"blogspot adalah nama user. bisa diganti denga yang lainnya...

lihat gambar...



5. masuk ke direktorinya blogspot tadi. dengan tujuan untuk membuat isi web tersebut. lakukan perintah "cd /home/blogspot/public_html"
kemudian lakukan pembuatan file dengan nama index.html dengan perintah

"vi index.html"

kemudian isi file tersebut sesuai keinginan... isi file tersebut nantinya adalah isi di dalam web itu sendiri... lihat gambar bila kurang jelas...





setelah selesai mengisi simpan kemudian keluar...

6. selanjutnya kita masuk ke terminal satu lagi... dengan menekan Alt+F1
7. selanjutnya isikan sesuai dengan gambar berikut...


tambahkan seperti berikut:
  • NameVirtualHost *:80 yang atas.
  • pada ServerAdmin isikan webmaster@nama servernya. disini nama servernya adalah tkj.com. jadinya webmaster@tkj.com
  • pada Server Name, isikan web yang telah dibuat. pada postingan sebelumnya adalah www.tkj.com
  • Pada Document root, itu diisi denga file yang index.html tadi. karena index html terletak di /home/blogspot/public_html maka isikan dengan /home/blogspot/public_html. blogspot adalah nama user yang tadi telah kita buat.
setelah selesai simpan dan keluar.

8. setelah itu install paket browsernya. namanya links lakukan denga perintah
"yast -i links"

9. restart apachenya dengan perintah "rcapache2 restart" lakukan dengan 2 kali restart.

lihat gambar biar lebih jelas...



10 setelah selesai lakukan pengecekkan dengan perintah

"links www.tkj.com"

maka akan muncul file index.html tadi. lihat gambar berikut


jika kurang puas, lakukan pengecekkan menggunakan client pada windows.

No comments:

Post a Comment